1) buka aplikasi blender
2) Delete object Cube, dengan menekan tombol X lalu delete
2) Delete object Cube, dengan menekan tombol X lalu delete
3) Tambah kan Object baru dengan menekan Shift+a, mesh, dan pilih plane
4) Tegakan Object Tersebut dengan menekan R,X, 90 dan enter
5) Sesuaikan tinggi bendera yang kalian inginkan, dengan cara seret tanda panah biru keatas
6) Sesuakain lebar object plane tersebut sesuai keinginan kita menggunakan tool scale
7) Masuk kedalam edit mode, dengan cara menekan tombol TAB
8) Tahan CTRL+R, sambil Scrool Mouse pada object plane tersebut, lalu
akan terbentuk garis garis yang banyak, buatlah garis garis tersebut
secara horizontal dan vertikal, sperti gambar berikut.
9) Saatnya memberi warna, klik A untuk deseleksi, lalu klik B untuk
seleksi setengah dari object bendera tersebut, dan tarik panel pada
samping kiri, lalu pilih material, klik tanda +, pilih warna pada bagian
diffuse, lalu klik assign, untuk jelasnya lihat gambar.
10) Tekan A untuk deseleksi, lalu seleksi pada bagian yang telah saya
tandai, dengan cara tekan dan tahan Shift lalu Klik kanan pada mouse.
11) Masuk dalam menu object data, lalu klik tanda + pada bagian Vertex Groups, Klik Assign
12) Ubah edit mode, menjadi object mode, lalu Masuk dalam menu Physics, klik Cloth, Ceklis bagian
pinning klik bagian bawah pinning, pilih Group.
Lalu munculkan bagian Cloth Collision, Ceklist bagian Self Collision, klik pada bagian bawah distance, dan pilih Group.
pinning klik bagian bawah pinning, pilih Group.
Lalu munculkan bagian Cloth Collision, Ceklist bagian Self Collision, klik pada bagian bawah distance, dan pilih Group.
13) Lalu tambahkan Object baru, yaitu angin, caranya tekan Shift + A,
force field, wind. Atur Object angin sesuai dengan object
bendera nya, tepat pada bagian belakang di vertex group yang kita buat
tadi.
14 ) Klik play button, pada bagian bawah, untuk menghaluskan pergerakan
bendera, klik objek bendera, lalu pada panel bagian kiri (tool panel)
pilih Smooth.
15) Sekarang kita tambahkan Tiang bendera, caranya Shift+A, mesh,
cylinder, sesuaikan dengan ukuran bendera kalian menggunakan tool scale.
14) selesai, jika kalian ingin merendernya,Klik bagian render, lalu
scrool kebawah, pilih format video yang kalian suka, saya rekomendasikan
menggunakan ogg theora.
15) klik numpad 0, lalu klik N dan ceklis lock camera to view, untuk
memudahkan kita untuk pergerakan kamera nya, lalu atur kamera nya, dan
pindahkan objek cahaya nya ke arah berlawanan dari kanan kekiri. lalu
klik animation, merender nya membutuhkan beberapa waktu.
Blender
4/
5
Oleh
Unknown
1 comments:
kelihatannya gampang ternyata susah
Replynonton film indonesia